ikl4

Friday, May 9, 2014

KONSEP USAHA WARUNG MAKAN KEDAI SANTAI

Daftar isi
Prolog
Pengertian logo
Target Konsumen
Tenaga kerja
Penghitungan modal

Penghitungan untung

PROLOG

Berbagai macam jenis usaha yang sudah berkembang di indonesia ini memang sudah cukup pesat pergerakannya khususnya di bidang kuliner makanan. Maka dari itu kita harus bisa mencari celah sekecil apapun itu untuk meraup pundi-pundi rupiah. “Kenapa harus warung makan??”. Jawabannya sederhana: Setiap anak manusia butuh makan dan minum.
Konsep “Kedai Santai” adalah konsep usaha yang paling sangat sederhana yang  akan saya bagikan bersama anda. Dengan memakai bahan dasar makanan utama yaitu ikan lele. Ini jelas berbeda dengan warung yang sudah ada seperti lesehan, SS, Burjo dan lain-lain. Kedai Santai dikemas dengan nuansa anak muda “Santai, Nyaman, Bersih apalagi Harga murah tidak membuat kantong kering”.
“KS” di dukung dengan team work dan manajemen yang sudah profesional dibidangnya. Saya yakin 2 sampai 3 tahun lagi konsep “KS” ini bisa menjangkau seluruh indonesia “Sytem Cabang).

PENGERTIAN LOGO


  1. 1.      KS
  2. 2.      KEDAI SANTAI
  3. 3.      Makanan Serba Lele
  4. 4.      Tempatnya anak kereaktif
  5. 5.      Gambar Rumah
  6. 6.      Logo bundar Warung Makan
  7. 7.      Garis berwarna Hitam
  8. 8.      Garis berwarna Hijau
  9. 9.      Warna dasar kuning


1.      KS
Huruf KS sengaja saya pisah dan saya perbesar. Menegaskan singkatan dari Kedai Santai, apalagi dengan permainan warna menarik hitam dibalut dengan warna putih. Memudahkan semua orang mengingat singkatan dari KS “Kedai Santai”.

2.      Tulisan KEDAI SANTAI
Tulisan Kedai Santai yang terdapat di dekat gambar rumah tersebut adalah suasana santai yang akan di hadirkan oleh “KS”. Karena konsep ini ditujukan oleh kalangan anak muda Khususnya Mahasiswa.

3.      Makanan Serba Lele
Ini yang paling utama, memperjelas kalo bahan makanan utama “KS” adalah ikan Lele. Sangat berbeda jauh dari warung-warung yang pernah ada.

4.      Tempatnya anak kereaktif
Tulisan tempatnya anak kereaktif sengaja saya tulis seperti itu supaya membuat orang menjadi tambah penasaran. Menegaskan makanan itu tidak harus mahal dengan kantong pas-pasan pun kita bisa makan enak dan sehat.

5.      Gambar Rumah
Gambar dibuat seperti tiang-tiang rumah menegaskan kesederhanaan konsep “KS” yang luar biasa.

6.      Logo bundar Warung Makan
Gambar logo bundar garpu dan sendok sudah menjelaskan kalo yang kita jual adalah makanan. Biar jelas lagi maka dari itu saya tambahkan tuliskan kata “Warung Makan”

7.      Garis kotak berwarna Hitam
Untuk melengkapi warna dasar kuning saya sengaja membuat garis kotak hitam  supaya pertama kali mata memandang bisa terfokuskan oleh kata dan bentuk di dalam kotam hitam tersebut.

8.      Garis berwarna Hijau
Garis kotak Hijau adalah penyegaran warna yang sengaja saya tambahkan untuk mengunci semua isinya supaya tambah menarik dan tidak bosan dilihat.

9.      Warna dasar Kuning
Filosofi Warna dasar Kuning menegaskan pengembangan dan proses warung makan konsep “KS” sangat teliti dan berhati-hati. Tidak sembarangan membuat usaha warung makan apalagi memulainya dari NOL. Butuh kerja keras, konsentrasi, dan pemikiran yang sangat cerdas.

TARGET KONSUMEN

1.Mahasiswa:

Mahasiswa di seluruh indonesia setiap bulannya sudah di pastikan 100% diberi uang makan oleh orang tuanya. Dan tidak semua mahasiswa setiap hari makan makanan yang mahal-mahal contohnya: makan di cafe, restoran, dan lain-lain. Mahasiswa juga suka mencoba tempat makan yang unik dan berbeda dari yang sudah ada. Maka dari itu target dari “KS” yang utama adalah Mahasiswa.




TENAGA KERJA



Sytem tenaga kerja “KS” menjadi 2 pilihan. Part time dan Full time. Berserta perjanjian hitam di atas putih kepada manajemen “KS”.

Part time kontrak:

Kenapa harus tenaga kerja part time, dari kebanyakan tempat makan dan tempat nongkrong yang sudah ada, mereka juga memakai tenaga kerja Partime. Contohnya kalangan Mahasiswa yang ingin mencari pengalaman kerja, lulusan SMA yang menganggur membutuhkan pekerjaan. Hitungan jam kerja Partime di sesuaikan oleh team work.

Full Time Kontrak:

Kenapa harus tenaga kerja Full time, tentunya setiap orang juga membutuhkan penghasilan lebih dengan adanya Full time kerja itu bisa terjawab semuanya. Dan manajement “KS” melihat jerih payah yang sesuai untuk pemasukkan pengunjung yang datang. Kesimpulannya bagi tenaga kerja full time bisa menerima gaji lebih tinggi dari Part time.



NB: Setiap tenaga kerja di wajibkan bisa memasak dan melayani pengunjung dengan baik, sopan dan murah senyum. Maksimal setiap warung makan “KS” idealnya 3 orang. Tentunya dilihat dari segi tempat keramaian dan keamanan.





PENGHITUNGAN MODAL

Penghitungan modal ini berdasarkan tempat dan lokasi yang akan dibuka, sebaiknya mempunyai toko sendiri akan lebih baik dari pada menyewa. Ini adalah penghitungan modal kotor. Belum bisa dijadikan patokan. Konsep ini sengaja tidak memakai tenda ataupun lesehan. Karena konsep “KS” lebih eksklusif.


SEDERHANA

SEWA RUKO/TEMPAT                    = 3 SAMPAI 4 JUTA PERTAHUN (pinggir kota)
PERLENGKAPAN bahan, kursi, meja dl  = 3juta (tergantung kebutuhan)
Penggajian tenaga kerja = Parttime 300-430ribu perbulan. Fulltime 500-640ribu perbulan.
Total semuanya:
3.000.000
3.000.000
   430.000
   640.000     +
7.070.000


NB: Ini adalah gambaran modal sederhana yang saya buat sendiri. Bisa jadi lebih kecil dibawah 7.070.000.




PENGHITUNGAN UNTUNG

Tidak TERBATAS. Kenapa saya berani bilang seperti itu. Bayangkan saja dengan menu dasar makanan berupa ikan lele yang harganya perkilo cuma ribuan saja dengan isi 4 ekor dan 5 ekor. Kita bisa meraup uang yang tak terbatas. Jika anda masih bingung dan ragu silahkan lihat di internet atau di pasar tradisional yang berada di pulau jawa. Sangat murah dan mudah di dapat. Konsep “KS” ini saya buat untuk kita bersama-sama meraih keberhasilan. Dengan adanya mitra dan team work yang baik. Kita pasti bisa menciptakan Warung Makan “KS”.





INFO kerja sama bisa menghubungi langsung nomor hp atau email dibawah ini:
NB: Semua tulisan yang tertera di atas belum semuanya  dijelaskan secara detail. Masih banyak yang harus dijelaskan contohnya: Menu makan, Menu minum, Strategi mendatangkan pengunjung, mempromosikan Brand dan lain-lain.
Penulis konsep “KEDAI SANTAI” : Angga pebria wenda mahesta
Twitter: @anggapebria
Handphone: 085747300703

No comments:

(New) 27-09-2014

(New) 27-09-2014
http://www.slideshare.net/anggapwm/m46314-n6

ROCKremaja

ROCKremaja
T-shirt Limited Edition Indonesian. Silahkan klik Store kita ya disini. http://tees.co.id/store/ROCKREMAJA

PAIDI ALEXSO JUMOYO

PAIDI ALEXSO JUMOYO
Buku pertama, Ambisi liar

PLANET UP TO NUS AWAS TETANUS

PLANET UP TO NUS AWAS TETANUS
Buku kedua, berkisah tentang Masa-masa kuliah

14 PROSES KEHIDUPAN (Buku ketiga)

14 PROSES KEHIDUPAN (Buku ketiga)
indie publishing, rekam jejak pernikahan saya

LAUNDRY MAHESTA

LAUNDRY MAHESTA
jln.Diponegoro perumda Mantiasih RT 4 RW 10 nomor 26 Magelang

Bahan Cerita