ikl4

Wednesday, October 26, 2016

MENAIKKAN OMSET RUMAH MAKAN DAN RESTO

Hallo perkenalkan nama saya Angga Pebria Wenda Mahesta, Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, yang sudah lama tidak di Update lagi hehhe. hari ini Saya akan membongkar Menaikkan Omset dari pengalaman beberapa OWNER yang memiliki Rumah makan DAn Resto yang berada di jawa tengah dan sekitarnya. Termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap hari saya membuat janji bertemu dengan Para Owner kuliner. dari kelas menengah kebawah sampai kelas menengah ke atas. 

Karena pekerjaan saya saat ini masih berputar oleh dunia F & B (Makanan dan Minuman). Tentunya banyak hal baru yang saya temui di lapangan. Langsung aja  masuk ke point utamanya. kebanyakan basa basi malah jadi curhat hehehe.


1.Membuat Konsep USAHA berbeda dari yang lain
Contohnya: walaupun makanannya sama, tapi penyajiannya berbeda. seperti mie ayam, disajikan dengan sumpit seperti terbang sendiri, atau, makan bakso, ukurannya lebih besar dari biasanya. Dan masih banyak lagi. Tidak banyak Owner yang melakukan hal ini. tapi wajib di coba.

2. Menjaga Kualitas Makanan dan Minuman
Ini wajib, dan tidak boleh asal asalan kita sajikan kepada konsumen. Kalo perlu setiap hari bertanya kepada konsumen, tentang kualitas makanan dan minuman yang dipesan. seperti pendapat mereka tentang Rasa,, atau harga. Dari sini kita bisa membenahi apa yang menjadi keinginan konsumen.

3. Kebersihan
Setiap tempat makan dan minum, atau resto, atau kedai, atau warteg sekalipun. kalo tempatnya bersih, pasti konsumen betah datang lagi. terus,.,. piring atau gelas, atau sendok, garpu harus bersih, jangan sampai ada noda yang tertinggal.

4. Pelayanan yang maksimal
jangan menerima karyawan/pegawai, yang niatnya cari uang aja. Tapi cari karyawan/pegawai yang memiliki jiwa tanggung jawab yang besar. karena ujung tombak pertama adalah karyawan/pegawai yang langsung bertemu dengan konsumen. jadi percuma, kalo tempatnya bagus, makanan dan minumannya enak. tapi pelayanannya jelek sekali. Lama lama bisa kapok konsumen datang lagi.

5. Tempat/Lokasi
Mencari tempat atau lokasi seperti mencari pasangan hidup. dalam artian, lokasinya mau disekitar kost kostan, kampus, atau area perkantoran???. pasarnya harus jelas. target konsumennya harus detail. harganya juga harus masuk sama kantong konsumen.

6. TIM Work
Buatlah Tim (Management) yang solid. baik itu bagian dapur, bagian promosi, bagian SDM. jika dalam internal saja sudah bagus. pasti Mendapatkan konsumen sangat mudah sekali. Jangan lupa bertukar pikiran seminggu sekali atau setiap hari kepada Tim Anda.

7. Memanfaatkan Media Sosial
jaman sekarang masih pakai yang tradisional aja???,.,. kita harus terbuka dengan hal baru, termasuk internet(web&Aplikasi).

8. Carilah Komunitas
Contohnya: kalo usaha kuliner Anda sejenis coffe shop, tempat nongkrong atau kedai berkapasitas 100 lebih konsumen. Anda bisa menggandeng komunitas yang ada dikota Anda. Komunitas motor, mobil dan masih banyak lagi. 


9. Resiko
Resiko itu banyak banget, baik dari internal maupun eksternal. jangan menjadikan resiko seperti hal yang sepele, jika ada masalah segera diselesaikan dengan tim Anda atau management Anda. Usaha kuliner kalo saya pribadi ditentukan oleh 1 tahun pertama. apakah bisa berkembang atau tidak. jika masih bisa dikembangkan, jangan lupa memperluas area kuliner anda (buka Cabang atau kemitraan).


10.  Memakai Jasa Konsultan
Carilah orang yang mengerti tentang usaha kuliner, tidak banyak owner yang memakai jasa Konsultan Resto. kalo saya pribadi ini sangat penting. Mungkin saya bisa membantu Anda dalam membangun usaha Anda. silahkan menghubungi saya di nomor 0823-5070-0632 / 0857-473-00703. jasa konsultan resto banyak sekali pilihannya, dari perbaikkan internal management maupun, membuat konsep yang lebih jelas dari sebelumnya. Harus jelas konsumennya, harus jelas, jualannya dan harus jelas omset yang mau di capai.


Foto Dokumentasi dengan para OWNER Kuliner:






















NAh MAsih bingung memulai usaha Kuliner ANda:

More info: 085747300703 / 082350700632








No comments:

(New) 27-09-2014

(New) 27-09-2014
http://www.slideshare.net/anggapwm/m46314-n6

ROCKremaja

ROCKremaja
T-shirt Limited Edition Indonesian. Silahkan klik Store kita ya disini. http://tees.co.id/store/ROCKREMAJA

PAIDI ALEXSO JUMOYO

PAIDI ALEXSO JUMOYO
Buku pertama, Ambisi liar

PLANET UP TO NUS AWAS TETANUS

PLANET UP TO NUS AWAS TETANUS
Buku kedua, berkisah tentang Masa-masa kuliah

14 PROSES KEHIDUPAN (Buku ketiga)

14 PROSES KEHIDUPAN (Buku ketiga)
indie publishing, rekam jejak pernikahan saya

LAUNDRY MAHESTA

LAUNDRY MAHESTA
jln.Diponegoro perumda Mantiasih RT 4 RW 10 nomor 26 Magelang

Bahan Cerita